Feb 19, 2020

Book Review : Asbabun Nuzul For Kids

pic source : iPusnas


Asbabun Nuzul For Kids

Penulis : Efi Fitriyyah
Genre : Agama Islam
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama


Sinopsis :


Al Quran sungguh menakjubkan! Bersumber langsung dari Allah, keindahan bahasa dan kisah di dalamnya tidak tertandingi. Selain berkisah tentang umat terdahulu, banyak ayat Quran yang diturunkan Allah karena suatu peristiwa. Tujuannya adalah menjawab pertanyaan atau kejadian yang dialami Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Peristiwa seperti inilah yang disebut Asbabun Nuzul.

Buku ini memuat 50 Asbabun Nuzul pilihan dengan beragam tema, seperti Al Quran dan alam semesta, keutamaan bersedekah, pertolongan Allah, ahlak yang baik dan ahlak yang buruk. Dari berbagai kisah tersebut anak-anak bisa belajar menyayangi keluarga, sahabat, dan sesama, cara menghadapi perbuatan tidak terpuji, sabar dan teguh menghadapi cobaan, serta menghargai hidayah dan pertolongan Allah. Dengan mengenal asal-usul ayat Al Quran, insyaa Allah anak-anak jadi lebih bersemangat membaca, mempelajari, dan mencintai Al Quran.


Personal Scoring : 👍👍👍👍


Personal Review :

Senang sekali menemukan buku ini di iPusnas. Anak-anak bisa mengetahui asal usul turunnya ayat Al Quran dengan cara yang menyenangkan. Kami membacakan buku ini untuk anak-anak biasanya saat menjelang tidur. Bukan hanya anak-anak, tapi Orang tua juga bisa sekaligus belajar tentang Asbabun Nuzul melalui buku ini.
Recommended untuk bacaan anak-anak yang mulai menginjak usia mummayiz, dan membuat mereka tertarik mempelajari Quran. 

Tidak semua halaman dilengkapi gambar ilustrasi, tapi ceritanya tetap bisa dicerna oleh anak. Apalagi ditambah dengan gaya bercerita yang membuat mereka tertarik, dan di sela-sela cerita diselingi dengan diskusi kecil.


No comments:

Post a Comment