Oct 10, 2020

Menyelami Dunia Blog Bersama IM3 Ooredoo dan IIDN

Sebenarnya dunia blog bukan sesuatu yang asing, karena semasa berkuliah dulu saya termasuk salah satu yang rajin menulis di blog. Meskipun isinya kebanyakan berupa curhat mengenai kegalauan skripsi dan kehidupan, yang jika dibaca sekarang mungkin tidak terlalu banyak manfaatnya. Sayangnya dokumentasi masa-masa galau itu hilang bersama hilangnya domain blog yang bersangkutan. Dan akhirnya saya pindah menulis disini berkat adanya akun Pak Suami yang memulai lebih dulu.


Periode yang paling membuat saya semangat menulis blog adalah saat menantikan anak pertama kami lahir. Saat itu semangat untuk berbagi mengenai persiapan kelahiran, tentang menyusui, dan segala hal tentang bayi serta parenting.

Namun setelah itu hening, sang penulis blog pergi meninggalkan blog nya berdebu dan membeku. Merasa tidak punya waktu untuk menulis diantara kegiatan di kantor dan di rumah. Dan sekarang saat sudah sepenuhnya tinggal di rumah, masih juga terlibat dengan kesibukan yang ternyata lebih sibuk daripada saat berkerja diranah publik. Tapi bedanya, saat ini muncul hasrat untuk membangkitkan blog yang lama tenggelam, salah satunya karena melihat antusiasme rekan sejawat (baca: ibu-ibu rumah tangga) yang berbagi beragam hal di blog nya. Dari mulai resep, parenting, wisata, sampai hal yang dianggap receh seperti bahasan drama korea yang sedang tren saat ini.

Gayung bersambut ketika seorang teman di ranah instagram sharing instastory mengenai rangkaian webinar Ngeblog Bareng Indosat Ooredoo dan IIDN: Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog. Nampak menarik karena ada 25 episode webinar dan gratis, bisa diikuti blogger umum diluar anggotanya, waw! Dengan masih menyimpan rasa penasaran tentang komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN), saya memantapkan diri untuk mengikuti webinarnya.

Photo by Ella Jardim on Unsplash

Yang membuat seri webinar makin lengkap, tim dari IM3 Ooredoo juga hadir meramaikan di setiap episode. IM3 Ooredoo ternyata memiliki pilihan paket internet yang sangat bisa mendukung kegiatan di rumah saat pandemi ini, yang memerlukan jaringan internet cepat dan handal, seperti menulis blog, belajar daring, atau menjalankan toko online. Paket ini misalnya IMPreneur yang memiliki banyak pilihan besaran kuota untuk pemilik dan pengelola toko online.

Dengan kuota up to 320 GB yang bisa di share hingga ke 25 orang anggota, IMPreneur juga dilengkapi fasilitas menelepon dan SMS gratis ke sesama IM3 Ooredoo dan kuota gratis menelepon ke operator lain. Harga paketnya mulai dari 50 ribu rupiah saja untuk paket Fit. Paket IMPreneur ini bisa didapatkan dengan menghubungi tim marketing IM3 Ooredoo, dan yang lebih keren tersedia fasilitas jemput bola tim marketing IM3 Ooredoo yang akan datang sehingga kita tidak perlu keluar rumah. Cocok dan oke banget ya dengan kampanye “Stay at Home” selama pandemi. Untuk mengetahui lebih detilnya bisa langsung meluncur ke web nya Indosat Ooredoo ya. Sebagai tambahan informasi, saya baru tahu bahwa 2 huruf O pada‘Ooredoo’ memberikan efek cara penyebutan seperti yang ada pada kata ‘google’, diucapkan ‘U’ bukan ‘O’, ini penting supaya gak malu saat menyebutkan di depan orang..hihi.

Tema yang diangkat di episode perdana webinar sangat sesuai dengan kebutuhan saya, dan mungkin untuk blogger pemula lainnya : Menulis Konten Blog untuk Pemula. Salah satu masalah yang saya pribadi alami, sebagai pemula yang baru bangkit kembali, adalah bingung dan macet saat menulis konten. Banyak ide di kepala tapi sulit menuangkannya dalam tulisan. Dengan takjubnya, Mbak Widyanti Yuliandari sebagai narasumber, dan yang ternyata adalah Ketua IIDN, membahas hal ini dan memberikan pencerahan utnuk menangani masalah tadi.

Sesi Foto Bareng di salah satu seri webinar IIDN X IM3 Ooredoo

Mbak Wid (sapaan untuk Mbak Widyanti Yuliandari) menjelaskan beberapa petunjuk praktis yang bisa dilakukan untuk membantu blogger bisa menulis dengan lebih efektif.

  • Buat draft dan kerangka tulisan terlebih dulu
  • Jangan terpaku pada EYD, urutan, atau kesalahan ejaan tulisan. Tuangkan dulu semua yang ingin ditulis, rehat dulu berikan jeda, baru kemudian baca kembali untuk dilakukan edit
  • Tambahkan gambar, diagram, grafik, atau lainnya dalam tulisan agar lebih menarik
  • Pertahankan keasyikan menulis
  • Temukan alasan & niat kuat untuk menulis. Apa sih tujuanmu menulis?
  • Jangan menuliskan aib atau kelemahan orang lain atau hal yang mengandung SARA

Materi di episode-episode berikutnya semakin asyik dan dinanti. Topik dan narasumbernya sangat beragam. Mengenai cara meningkatkan traffic di blog dan SEO, fotografi, videografi, desain grafis, optimasi media sosial, monetisasi blog, hingga public speaking bagi blogger pun ada, sangat lengkap! Sayangnya dari 25 episode seri webinar ini, ada beberapa yang saya tidak bisa ikuti.

Namun begitu, dari mengikuti seri webinar IIDN dan IM3 Ooredoo ini pengetahuan saya mengenai dunia blog menjadi jauh lebih dalam dan bertambah. Dan akhirnya saya pun mendaftarkan diri menjadi anggota komunitas IIDN, agar bisa belajar lebih banyak dari blogger senior yang lebih berpengalaman dan bisa mulai menerapkan ilmu yang didapatkan secara pelan-pelan dan bertahap. Karena sebaik-baiknya ilmu adalah yang bermanfaat, bukan hanya didapat.

Doakan semoga berhasil ya, dan terima kasih untuk IIDN dan IM3 Ooredoo yang telah mengadakan seri webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog dengan luar biasa bermanfaat dan keren sejak 29 Agustus hingga 3 Oktober 2020 kemarin. Semoga makin sukses dan terus menebar manfaat ya untuk IIDN dan IM3 Ooredoo.


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN - Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog




No comments:

Post a Comment