Jan 30, 2020

Jaga Kesehatan Yuk, Ma!

Seorang ibu dilarang sakit, begitu katanya. Karena jika sang Ibu sakit, maka akan banyak yang tidak terurus dan belum tentu Ayah atau anggota keluarga yang lain bisa menggantikan peran Ibu dengan baik. Jadi selain mengurus rumah tangga, ibu juga harus ingat untuk menjaga kesehatannya sendiri, jangan sampai karena berdalih me time malah jadi nya mie time kebablasan (makan mie instan setiap pagi misalnya). Hihi, ini peringatan untuk saya juga karena jika pun makanan sudah dijaga, kadang yang terlupa adalah berolahraga.

Kalau di grup ibu-ibu alumni ada subgrup MamahGajahBerlari, mungkin saya akan ikut MamahGajahBerjalan saja (kalau ada) 😁😅 Bukannya tidak suka atau malas lari, malah setiap kali melihat dokumentasi ibu-ibu yang dengan senang riang berlari bersama itu sesuatu banget rasanya ingin ikut, bahkan running shoes pun sudah siap. Tapi mengingat kondisi kesehatan jantung ini saya harus rela hanya bisa melihat dari jauh dan kagum saja.

pic source : wellthyfit(dot)com


Seseorang yang memiliki kelainan irama jantung (arithmia) seperti saya ini, perlu mengkonsultasikan kondisinya dulu pada dokter sebelum berolahraga. Dokternya pun harus dokter spesialis jantung ya Mom, karena pernah saya berkonsultasi pada dokter di BKOM Bandung tapi tetap rekomendasinya adalah untuk berkonsultasi dulu pada dokter spesialis jantung.

Lalu olahraganya apa? berhubung saya agak takut belum berkonsultasi lagi dengan dokter, jadi lebih memilih untuk latihan yang lebih aman, berjalan, brisk walk bahasa kerennya. Karena keterbatasan waktu dan agak malas terkena sinar matahari terlalu lama (ini nggak bagus sebenarnya), biasanya saya ikuti video latihannya di yutub.

Setelah beberapa jenis latihan saya cari dan ikuti disana, yang paling pas dan cocok untuk saya adalah latihannya Leslie Sansone, gerakannya sederhana tapi masyaa Allah keringatnya luar biasa. Very recommended. Hanya dalam waktu 10-30 menit bisa membuat badan lebih bugar Alhamdulillah. Silakan kalau mau dicoba ya Mak.

Leslie Sansone Youtube Channel

Oia, bagi yang belum tau BKOM (Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat) khususnya untuk wilayah Kota Bandung bisa coba cek instagramnya DISINI ya. Untuk wilayah lain sepertinya ada juga, coba cek di mbah gugel ya. Ada apa di BKOM? Ada kelas yoga, zumba, fitness center, lapangan olahraga pun ada. Kelasnya relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat lain. Lalu disana ada layanan untuk pemeriksaan kebugaran tubuh, untuk tahu jenis olahraga apa yang tepat bagi kondisi tubuh kita. Supaya tubuh tidak overused dalam latihan dan berolahraga. Kita bisa beronsultasi dengan dokter yang ada disana, dan hasilnya nanti berupa resep, bukan resep obat tapi resep berolahraga.

Semoga sehat semua ya, Ma! karena untuk mengerjakan keseharian yang penuh tantangan ini (halah..) harus siap dengan mental dan fisik yang kuat.

Salam,

momimel

No comments:

Post a Comment