Jan 31, 2020

Memasak Daging dengan Teknik 5 30 7

Sudah pernah tahu tentang teknik memasak 5.30.7 ?

Saya tahu pertama kali tentang teknik memasak ini dari teman di salah satu grup. Angka 5.30.7 menunjukkan jumlah menit yang diperlukan untuk memasak.
Prinsip memakai teknik memasak ini kira-kira sebagai berikut :
  • langkah 1: selama 5 menit dimasak dengan kompor menyala. Dihitung sejak masakan mulai mendidih,
  • langkah 2 : tutup wajan/panci, matikan kompor, biarkan 30 menit,
  • langkah 3 : nyalakan kompor kembali. Masak dengan kompor menyala selama 7 menit terhitung sejak masakan mendidih. Selesai

Manfaat utama dari teknik 5 30 7 adalah bisa menghemat gas atau listrik untuk memasak. Masakan yang berhasil saya buat dengan menggunakan teknik ini adalah bubur kacang hijau dan sayur daging berkuah. Dengan menggunakan teknik ini, memasak bubur kacang hijau menjadi lebih cepat dan tidak perlu repot merendam kacang hijaunya terlebih daulu. Resep dan cara memasaknya pernah saya sharing di instagram, bisa cek DISINI.

Tetapi untuk memasak daging (sapi atau kambing), setelah beberapa kali saya coba bandingkan antara yang pakai teknik ini dan tidak, hasil daging nya lebih gurih dan enak jika menggunakan cara memasak yang biasa (api kecil hingga daging empuk). Mungkin karena minyak dagingnya (saripati) baru keluar setelah dimasak agak lama ya, sementara jika menggunakan teknik 5.30.7 saya perhatikan tidak ada saripati yang keluar dari daging.

Entahlah ini saya yang kurang lihai atau memang seperti ini ya? ada yang punya pengalaman atau tips?
hasil masakan daging dengan cara biasa

Jadi untuk masakan daging, sementara ini saya akan tetap menggunakan cara lama saja, ajaran dari mama..hehe. Setelah mendidih, tutup wajan dan kecilkan api lalu dimasak hingga daging empuk. Teknik 5.30.7 ini saya gunakan untuk daging hanya jika dibuat dalam bentuk sup yang notabene kuahnya banyak. 

No comments:

Post a Comment